Senin, 11 Oktober 2010

Cara Belanja Diecast di Ebay


Ebay, merupakan situs lelang terbesar saat ini merupakan surga bagi para kolektor diecast di Indonesia. Biasanya mereka berburu item yang jarang, langka atau bahkan tidak dijual di Indonesia. Saya sendiri sudah sekitar 2 tahun yang lalu berburu (hunting) diecast di Ebay. Biasanya ada 2 cara yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan item di Ebay yaitu:
  1. Menjadi member Ebay
    Menjadi member di ebay cukup mudah dan gratis. Anda cukup register seperti halnya membuat akun e-mail. yang pelu diperhatikan adalah yakinkan alamat e-mail aktif serta alamat untuk pengiriman paket mudah dijangkau oleh pak pos. Untuk pembayaran item biasanya dilakukan melaui Paypal. Jadi anda harus punya akun di Paypal (www.paypal.com). Memiliki akun dipaypal sudah tentu anda harus memiliki kartu kredit, karena tagihan pembelian akan dimasukkan ke kartu kredit. Paypal hanya sebagai 'Jasa Perantara' Seller dan Buyer. Terus bagaimana jika tidak punya kartu kredit? Jangan khawatir saat ini sudah banyak yang menawarkan jasa VCC (Virtual Credit Card) alias kartu kredit virtual. Anda tinggal buka Google dan ketikan saja "VCC" (tanpa tanda petik) maka akan muncul website yang menawarkan jasa VCC. Perlu diperhatikan kredibilitas penjual jasa tersebut, sebaiknya anda survey dengan menanayakan ke teman atau berkunjung ke forum2 yang membahas VCC, sehingga anda mendapatkan Agen VCC yang benar2 terpercaya.
    Halaman depan Paypal
  2. Menggunakan jasa pembelian online
    Cara kedua adalah melalui agen pembelian online.Caranya kita memberikan link item ke agen dan mereka nanti yang akan membelikan produk terserbut, secara singkat prosesnya sebagai berikut:
    • Anda pilih item di ebay kemudian kirim link dari item tersebut ke agen pembelian, usahakan untuk membeli dari 1 toko/seller saja supaya menghemat biaya pengiriman. Cari Seller yang bisa melakukan kombinasi biaya pengiriman (combine shipping cost).
    • Agen akan mengkalkulasikan harga barang+ongkos kirim+biaya jasa pembelian+biaya kirim kelamat anda (tambahan jika barang dari ebay dikirim ke agen dulu terus ke alamat kita, tergantung agen)
    • Setelah sepakat, anda transfer uang sejumlah yang diminta oleh agen, kemudia  agen akan membelikan item yang anda maksud.
    Untuk mencari agen pembelian online, cukup buka Google kembali dan ketikkan "internet buying agent" atau bisa kita cari di fourm seperti Kaskus. Memang harganya akan jatuh lebih mahal disebabkan adanya biaya jasa untuk agen. Karena ini merupakan bisnis kepercayaan, carilah agen yang benar2 bisa anda percayai serta meiliki reputasi yang baik sehingga anda tidak tertipu. Baca secara baik-baik aturan main yang dikeluarkan oleh pihak agen dan  selalu cari referensi melalui kawan atau forum untuk mendapatkan agen pembelian terbaik bagi anda.

    Contoh Agen Internet Buying




























Ada lagi alternatif yang bisa dilakukan adalah menitip melalui teman yang sering beli di Ebay, tentu lebih aman dan bisa lebih bisa negosiabel biayanya. Barang yang dikirim dari seller tergantung pada metode pengiriman yang disepakati pada saat pembelian. Ada kiriman reguler (First Mail) atau prioritas (Priority Mail) dan yang lainnya. Biasanya untuk pengiriman reguler memakan waktu 2 s.d 4 minggu. Pengiriman menggunakan pos kilat (proirity mail) lebih cepat sampai tapi biayanya bisa 2x lipat dari pos reguler. Kenapa pengirimanya bisa lama? Karena paket yang anda beli akan melalui bea cukai dan diperiksa baru dikirimkan oleh Pak pos ke alamat anda. Dan proses pemeriksaan di bea cukai ini yang (katanya) memakan waktu cukup lama :)

Di posting berikutnya saya akan menjelaskan beberapa tips dalam berburu diecast di Ebay ;)
Happy Hunting  ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar